Jumat, 20 Maret 2009

Mobile Learning

Istilah mobile learning (m-Learning) mengacu kepada penggunaan perangkat/divais teknologi informasi (TI) genggam dan bergerak,seperti PDA,telepon genggam,laptop dan tablet PC, dalam pengajaran dan pembelajaran.M-Learning merupakan bagian dari electronic learning (e-Learning) sehingga,dengan sendirinya,juga merupakan bagian dari distance learning (d-Learning)Beberapa kemampuan penting yang harus disediakan oleh perangkat pembelajaran m-Learning adalah adanya kemampuan untuk terkoneksi ke peralatan lain (terutama komputer), kemampuan menyajikan informasi pembelajaran dan kemampuan untuk merealisasikan komunikasi bilateral antara pengajar dan pembelajar. M-Learning adalah pembelajaran yang unik karena pembelajar dapat mengakses materi pembelajaran, arahan dan aplikasi yang berkaitan dengan pembelajaran, kapan-pun dan dimana-pun. Hal ini akan meningkatkan perhatian pada materi pembelajaran, membuat pembelajaran menjadi pervasif,dan dapat mendorong motivasi pembelajar kepada pembelajaran sepanjang hayat(lifelonglearning).Selain itu,dibandingkan pembelajaran konvensional,m-Learning memungkinkan adanya lebih banyak kesempatan untuk kolaborasi secara ad hoc dan berinteraksi secara informal diantara pembelajar.

KELEBIHAN M-LEARNING
Beberapa kelebihan m-Learning dibandingkan dengan pembelajaran lain adalah:
  1. dapat digunakan dimana-pun pada waktu kapan-pun,
  2. kebanyakan divais bergerak memiliki harga yang relatif lebih murah dibanding harga PC desktop,
  3. ukuran perangkat yang kecil dan ringan daripada PC desktop, diperkirakan dapat mengikutsertakan lebih banyak pembelajar karena m-Learning memanfaatkan teknologi yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam pembelajaran e-Learning,independensi waktu dan tempat menjadi faktor penting yang sering ditekankan. Namun, dalam e-Learning tradisional kebutuhan minimum tetap sebuah PC yang memiliki konsekuensi bahwa independensi waktu dan tempat tidak sepenuhnya terpenuhi. Independensi ini masih belum dapat dipenuhi dengan penggunaan notebook (komputer portabel), karena independensi waktu dan tempat yang sesungguhnya berarti seseorang dapat belajar dimana-pun kapan-pun dia membutuhkan akses pada materi pembelajaran.

KEKURANGAN M-LEARNING
Meski memiliki beberapa kelebihan, m-Learning tidak akan sepenuhnya menggantikan e-Learning tradisional. Hal ini dikarenakan m-Learning memiliki keterbatasan-keterbatasan terutama dari sisi perangkat/media belajarnya.
Keterbatasan perangkat bergerak antara lain sebagai berikut.
1. Kemampuan prosesor
2. Kapasitas memori
3. Layar tampilan
4. Catu daya
5. Perangkat I/O
Kekurangan m-Learning sendiri sebenarnya lambat laun akan dapat teratasi khususnya dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Kecepatan prosesor pada divais semakin lama semakin baik, sedangkan kapasitas memori,terutama memori eksternal, saat ini semakin besar dan murah.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda